Apa Yang Terjadi Di Trimester Pertama Kehamilan? cadangan set kehamilan

Trimester pertama adalah 3  bulan awal dari kehamilan, di mana Mama ataupun orang lain mungkin belum menyadari perubahan yang terjadi pada tubuh, tapi sebenarnya di dalam rahim sudah terjadi proses yang sangat mengagumkan, karena tubuh Mama pun beradaptasi seiring dengan perkembangan bayi dan tubuh secara aktif bekerja untuk menyesuaikan secara fisik maupun emosional dalam proses kehamilan ini.
Yang terjadi pada trimester pertama adalah :
1.. Morning sickness, mual, dan muntah
Hampir dari 50 % wanita mengalami mual. Biasanya rasa mual ini terjadi dari awal kehamilan. Rasa mual ini akan berakhir ketika kehamilan menginjak minggu ke 14.  Tetapi pada beberapa kasus dapat berlanjut sampai dengan kehamilan trimester kedua dan ketiga, tetapi ini jarang terjadi.
Mama pasti bertanya tanya apa yang menyebab kan rasa mual ini? Penyebabnya adalah peningkatan hormonal dan penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormonal tubuh.
2. Pembesaran payudara
Payudara akan membesar dan mengencang karena terjadi peningkatan hormon kehamilan yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah serta untuk persiapan pemberian nutrisi pada jaringan payudara sebagai persiapan menyusui.
3. Sering  buang air kecil
Keinginan sering buang air kecil pada awal kehamilan ini dikarenakan rahim yang membesar sehingga menekan kandung kemih. Perubahan hormonal juga meningkatkan volume darah yang menjadikan ginjal memproduksi cairan lebih banyak.
4. Konstipasi atau sembelit
Keluhan ini juga sering dialami pada kehamilan, karena peningkatan hormon progesteroneyang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus bekerja kurang efisien.
5. Peningkatan berat badan
Pada akhir trimester pertama ini Mama mungkin sudah mulai kesulitan untuk memasang resleting celana atau rok, selain karena peningkatan berat badan, juga karena pengaruh hormon estrogen yang menyebabkan pembesaran rahim dan hormon progesterone yang menyebabkan tubuh menahan air.
Perubahan diatas inilah yang akan terjadi pada trimester pertama. Diharapkan Papa selalu memberikan dukungan dan kasih sayang agar kehamilan akan terasa menyenangkan dan Mama menjalani kehamilan dengan bahagia dan sehat.


Comments